Selasa, 02 Februari 2016

Analisis Regresi Linear Ganda Berbantuan SPSS

Cara analisis regresi ganda berbantuan SPSS
Analisis Regresi Linear Ganda Berbantuan SPSS| Analisis Regresi Ganda (Multiple Regression Analysis) merupakan analisis statistik yang menggunakan model hubungan (korelasi) antara beberapa variabel bebas dengan satu variabel terikat, dengan model hubungan linier. Regresi ganda hanya cocok dan sesuai digunakan pada data yang  berskala interval dan ratio.
Tujuan analisis regresi linear ganda adalah mencari penyelesaian secara statistik mengenai pengaruh beberapa variabel bebas (independent) secara serentak (simultan) terhadap satu variabel terikat (dependent). Disamping itu, melalui analisis regresi linear ganda ini  akan dapat juga bisa dketahui pengaruh secara parsial (pengaruh secara individu) yakni pengaruh dari masing-massing variabel bebas (independent) terhadap variabel terikat (dependent).

Adapun yang menjadi fokus pembahasan dari hasil analisis regresi linear ganda antara lain meliputi:

  1. Nilai koefisien determinasi (R Square): mencerminkan seberapa besar kontribusi variabel bebas dalam mempengaruhi variabel terikatnya. Nilai dari R Square berkisar antara 0 – 1, di mana nilai yang mendekati 1 berarti semakin besar kontribusi variabel bebas dalam mempengaruhi variabel terikat. 
  2. Nilai F hitung dan signifikansi yang menyertainya, bila Nilai F hitung signifikan (Sig < 0,05) maka berarti ada pengaruh yang signifikan antara beberapa variabel bebas yang terlibat terhadap variabel terikat. 
  3. Nilai t hitung dan signifikansi yang menyertainya, bila Nilai t hitung signifikan (Sig < 0,05) maka berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel bebas terhadap variabel terikat.
  4. Persamaan garis regresi. Persamaan umum: Y = a + b1x1+ b2x2 ......bn.
  • Jika besarnya biaya promosi meningkat sebesar 1 satuan rupiah, maka profitabilitas meningkat sebesar  b satuan rupiah.
  • Jika biaya promosi bernilai nol, maka profitabilitas akan bernilai  a satuan rupiah.
Untuk melakukan analisis regresi linear ganda, tentu saja harus menyiapkan data yang terdiri dari variabel independent dan variabel dependent. Misalnya data terdiri dari variabel independent (xn) dan variabel dependent (y), dimana variabel (x1) adalah Promosi, dan (x2) berupa Pelayanan Kepada Konsumen, sedang variabel (y) berupa Minat Beli Konsumen Minyak Goreng Merk Damai. Selanjutanya menyiapkan data dengan program SPSS.
Jalankan Program SPSS, lanjutkan dengan klik pada Variable View seperti tampak berikut.
Variable View Editor dari SPSS
 Klik tab Data View, kemudian memasukkan (mengentri) data seperti berikut:

Data
Data Analisis Regresi Ganda Berbantuan SPSS


Selanjutnya untuk mengetahui kuat lemahnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat barik secara simultan maupun secara parsial ditentukan oleh kriteria keputusan sebagamana berikut.

Kriteria Keputusan Uji F

  •  Jika nilai F (F hitung) disertai oleh signifikansi (sig.) > 0,05, maka secara simultan semua variabel bebas yang terlihat tidak memiliki pengaruh yang signifikan (meyakinan) terhadap variabel terikat.  
  •  Jika nilai F (F hitung) disertai oleh signifikansi (sig.) < 0,05, maka secara simultan semua variabel bebas yang terlibat memiliki pengaruh yang signifikan (meyakinan) terhadap variabel terikat.

Kriteria Keputusan Uji t


  •  Jika nilai t (t hitung) disertai oleh signifikansi (sig.) > 0,05, maka secara parsial  variabel bebas tidak memiliki pengaruh yang signifikan (meyakinan) terhadap variabel terikat.  
  •  Jika nilai t (t hitung) disertai oleh signifikansi (sig.) < 0,05, maka secara parsial variabel bebas memiliki pengaruh yang signifikan (meyakinan) terhadap variabel terikat.

Langkah-langkah Analisis Data

1. Pastikan Program SPSS sudah aktif dengan terbukanya data seperti di atas.
2. Klik Analyze > Regression > Linear..., maka akan tampak kotak dialog Linear Regression.
3. Pilih/klik variabel Pelayanan Kepada Konsumen (x), klik  ►ke kotak Independent(s)
4. Pilih/klik variabel Minat Beli Konsumen Minyak Goreng Merrek Damai (y), klik ►ke kotak Dependent: seperti tampak berikut:
5. Klik tombol OK (selesai), sehingga ditampilkan hasil output analisis seperti berikut:
Output Regresi Linear Ganda Bagian 1

Output Regresi Linear Ganda Bagian 2
Output Regresi Linear Ganda Bagian 3

Output Regresi Linear Ganda Bagian 4

Interpretasi hasil analisis:

  1. Tabel Model Summary menunjukkan nilai R sebesar 0,970 merupakan koefisien korelasi simultan yang berada dalam kategori sangat kuat. Sedangkan nilai koefisien deterninasi (R Square) sebesar 0,941 atau 94,1% merupakan besarnya kontribusi pengaruh Promosi (x1) dan Pelayanan Kepada Konsumen (x2) terhadap perubahan Minat Beli Konsumen Minyak Goreng Merk Damai (y).
  2. Tabel ANOVA menunjukkan nilai F sebesar 414,069 dengan signifikansi (Sig) sebesar 0,000.  Berdasarkan kriteria keputusan di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh Promosi (x1) dan Pelayanan Kepada Konsumen (x2) terhadap perubahan Minat Beli Konsumen Minyak Goreng Merk Damai (y) adalah signifikan karena nilai Sig sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05).
  3. Tabel Coeficients menunjukkan (1) Promosi dengan nilai t sebesar 2,404 disertai signifikansi (Sig) sebesar 0,020 merupakan pengaruh individu dari Promosi terhadap Minat Beli Konsumen Minyak Goreng Merk Damai, yang berarti Promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli Konsumen Minyak Goreng Merk Damai. (2) Pelayanan Kepada Konsumen dengan nilai t sebesar 5,658 disertai signifikansi (Sig) sebesar 0,000 merupakan pengaruh individu dari Pelayanan Kepada Konsumen terhadap Minat Beli Konsumen Minyak Goreng Merk Damai, yang berarti Pelayanan Kepada Konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli Konsumen Minyak Goreng Merk Damai. Dari tabel ini juga didapat gambaran persamaan garis rgresinya adalah Y= 53,167+ 0,415x1 + 0,974x2 + e .

DOWNLOAD

Pembaca yang budiman jika ingin mendownload file SPSS Analisis Regresi Ganda ini, silahkan download di link berikut:


Demikian postingsn saya buat saudaraku, jangan lupa baca Analisis Regresi Linear Ganda Berbantuan SPSS ini semoga bermanfaat.
 

2 komentar:

  1. trimakasih kawan telah share ke sini, slmat beraktivitas semoga sukses, dan semoga berkah.

    BalasHapus
  2. Olah Data Semarang 2021
    Menerima Jasa Olah Data Analisis Statistika Menggunakan
    SPSS, AMOS, LISREL, Frontier 4.1, EVIEWS, SMARTPLS, STATA
    DEAP 2.1, DLL
    Contact Person WhatsApp
    WA : +6285227746673 (085227746673)
    #olahdatasemarang_2021
    olahdatasemarang_2021

    BalasHapus